Pembangunan Tol Tahap II

4 April 2016 16:05 WIB | 4 kali dibaca

Percepatan pembangunan ruas jalan tol trans sumatra dari Bakauheni-Pematang Panggang (Sumsel) terus dikebut

Baca Juga

Nusantara9news.com, Bandarlampung - Percepatan pembangunan ruas jalan tol trans sumatra dari Bakauheni-Pematang Panggang (Sumsel) terus dikebut.Gubernur Lampung, Ridho Ficardo menegaskan bahwa saat ini pembangunan tol tahap II Terbangi Besar-Pematang Panggang sudah mulai dikerjakan.

"Tol tahap 2 sedang dimulai
surveynya, tim pusat dan tim daerah yang turun. Ketika dokumen selesai baru kita langsung melakukan pembebasan. Bahkan ancar-ancar perkiraan jalurnya lewat mana sudah dikomunikasikan dengan Bupati bersangkutan,"ujarnya usai upacara Hut Lampung di Lapangan Korpri,Kamis (17/03/2016).

Dirinya yakin jika
target yang diberikan Presiden Jokowi untuk membuat tol Lampung-Sumsel selesai 2018 bisa selesai tepat waktu. Dimana tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah perayaan olah raga Sea Games dan Sumsel menjadi salah satu lokasi berbagai cabor digelar.

Artinya arus transportasi masyarakat Pulau Jawa yang hendak ke
Sumsel tidak hanya bisa ditempuh lewat jalur udara namun jalur darat dengan hadirnya tol menjadi alternatif. Tidak hanya itu, pembangunan tol tahap I Bakauheni-Terbangi Besar juga menjadi modal pemprov lampung yang lebih mudah membangun tol tahap II.

"Tahap dua insya Allah bisa lebih cepat. Karna
tahap pertama saja kita belum memiliki pengalaman sudah bisa menjadi yang tercepat seperti kata presiden. Apalagi tahap 2 yang kita sudah mulai kuasai dan belajar dari tahap pertama. Bisa lebih cepat." terangnya.


Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Lampung, Fitter Syahboedin mengatakan bahwa kerangka acuan (KA)  untuk analisa dampak lingkungan (Amdal) ruas tol Terbangi-Pematang Panggang  sudah selesai. "KA sudah selesai, jadi proses pembanguan tol selanjutnya sudah bisa dilakukan,"ujarnya, Kamis (25/02/2016).


Diterangkannya juga bahwa Kementrian PuPera sudah bisa melakukan pengukuran dan pemasangan patok tol tahap II. Berdasarkan KA tersebut bahwa ruas tol tahap II yang melintasi 4 kabupaten di Provinsi Lampung yakni, Lampung Tengah, Tulang Bawang Barat,Tulang Bawang dan Mesuji dengan panjang mencapai 110 Km.


"Proses uji publik sudha bisa jalan, karna dasar dari pembangunanya sudah ada. Ya tinggal dirapatkan saja dengan tiap kepala daerah dan perangkat kerja lainya hingga lurah dan masyarakat yang akan dilalui pembangunan tol. Kan targetnya jalan tol ini bisa digunakan untuk Sea Games 2019 di Palembang,"katanya.


Terkait trase jalan tol nantinya bila ada perubahan maka akan disusun dalam finalisasi akhir.Dimana pada pembangunan tol tahap I yakni Bakauheni -Terbangi Besar,Gubernur Lampung membentuk dua tim kerja yang diketua asisten I dan II untuk melakukan sosialisasi, uji publik dan pengukuran bersama BPN Lampung.


"Yang penting semua tahapan dijalankan sesuai urutan. Nanti diakhir akan dikumpulkan semua data yang ada,"katanya.

Pewarta: Karina/Diskominfo

Komentar Pembaca

Copyright © 2017 nusantara9news.com
Tim Redaksi | Kontak Kami